Puncak Nanggi Rinjani Lombok NTB 2300 mdpl | AgenWisataBromoCom

Puncak Nanggi Rinjani Lombok NTB 2300 mdpl adalah petualangan menarik untuk anda dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Dalam video ini kita dapat belajar sedikit banyak tentang Puncak Nanggi Rinjani Lombok NTB 2300 mdpl

Keterangan Video

Puncak Nanggi Rinjani Lombok NTB 2300 mdpl

16-07-2017.
Puncak Gunung Nanggi Rinjani Lombok NTB 2.300 mdpl.
Momen Bersama Teman-teman.
.
Gunung Nanggi merupakan salah satu taman wisata alam dan pendakian di Kawasan Sembalun, Lombok Timur. Gunung dengan ketinggian 2300 mdpl ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk memotret sejumlah ikon Pulau Lombok, salah satunya adalah Gunung Rinjani.

Selain dapat menyaksikan kemegahan Gunung Rinjani, dari ketinggian gunung ini, para pendaki juga dapat menyaksikan pesona tiga gili yang telah terkenal ke berbagai belahan dunia. Meski terlihat samar, tiga gili yakni Trawangan, Meno dan Air yang terlihat bak titik dalam tanda baca ini acap menjadi ikon pemotretan para fotografer. Tak heran, pendaki yang menjajaki taman rekreasi yang baru dibuka ini berasal dari kalangan fotografer.

Gunung ini merupakan salah satu dari tujuh pegunungan yang mengitari Rinjani. Warga setempat menjuluki gunung ini dengan sebutan selak dara. Hal ini dikarenakan mitos yang berkembang di tengah masyarakat. Konon, gunung ini merupakan tujuan pelarian seorang gadis yang menolak ketika dirinya hendak dijodohkan. Cerita lisan ini terus berkembang secara turun – temurun dari generasi ke generasi.
“Gunung ini adalah bagian dari tujuh bukit pengitar Gunung Rinjani. Kita membuka kawasan ini sebagai taman rekreasi sejak awal maret 2014 lalu,” tutur Safwan Koordinator Perkumpulan Pemuda Sembalun Bumbung “Sabda Alam” Awal Juni 2014 kemarin.

“Ceritanya, konon disini ada seorang gadis yang melarikan diri. Ia pergi meninggalkan keluarganya lantaran menolak untuk dijodohkan. Ia tidak mau menikah dengan pria yang tidak dicintainya,” bebernya lagi.
Jalur pendakian menuju puncak gunung ini sedikit ekstrem. Di tengah medannya yang cukup berat, kondisi jalanan juga belum tertata rapi. Aspek keamanan sebagai perlindungan terhadap wisatawan penting untuk diperhatikan. Ada harapan, kawasan pariwisata yang baru dibuka ini segera dilirik oleh pihak pemerintah serta membantu pengembangan yang sedang dilakukan oleh masyarakat.

“Karena ini baru – baru dibuka, fasilitas pendukung yang mampu kami sediakan cukup sederhana. Untuk memajukannya, kedepan kami mengharap dukungan dari pihak pemerintah sebagai upaya pemberdayaan terhadap masyarakat yang berjuang memajukan pariwisata disini,” tandasnya

Pemandian yang Belum Terjamah

Mendaki Gunung Nanggi tidak hanya untuk berkemah semata. Kawasan wisata yang baru dibuka ini juga menyimpan spot wisata berupa pemandian air panas.

Sayangnya, lokasi pemandian air panas tersebut belum dapat dijangkau lantaran akses jalan belum memadai. Pelaku pariwisata termasuk tour guide tidak berani menjamin baik keselamatan dan keamanan pendaki jika hendak menuju ke tempat itu.

Jarak tempuh menuju lokasi pemandian tersebut juga lebih jauh jika dibandingkan menuju puncak Gunung Nanggi dari titik Pelawangan. Para pendaki hanya diperkenankan menuju ke puncak untuk berkemah. Pengelola setempat masih menyusun rencana menyiapkan jalur yang memadai dan siap diakses oleh wisatawan.

“Kami punya spot wisata yang menjanjikan juga di kawasan ini. Jadi di dalam sana ada tempat pemandian air panas, cuman untuk menuju lokasinya kita belum menemukan jalan yang pas sehingga aman bagi wisatawan,”.
Dikatakan, untuk menuju lokasi pemandian itu, wisatawan membutuhkan waktu pendakian minimal tiga hari. Sebab, dari titik pelawangan saja lokasi itu bisa didapati setelah menempuh perjalanan selama dua hari.

“Dari Sembalun Bumbung ke Pelawangan Gunung Nanggi ini saja butuh waktu setengah hari. Selanjutnya kalau mau ke pemandian itu paling tidak kita harus jalan kaki selama dua hari dari pelawangan itu,” lanjutnya.

Disamping akses jalur yang tersedia belum memadai, keamanan lokasi perkemahan untuk menuju kawasan pemandian tersebut juga belum dapat dipastikan. Sebab, sejauh ini, belum ada wisatawan yang berani menjajaki dan menelusuri tempat tersebut.

“Kebanyakan wisatawan malah mintanya diantar ke puncak, meski mengaku sedikit penasaran dengan lokasi pemandian air panas tersebut. Kita selalu menjelaskan tempat itu kepada mereka, namun pada saatnya nanti. Lokasi itu akan kita siapkan jadi tujuan baru pendakian di gunung ini selain memang berkemah dipuncaknya,” bebernya.

Selain dapat menyaksikan tiga gili yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, dari ketinggian 2300 mdpl ini juga dapat disaksikan sejumlah gili yang terdapat di Lombok timur. Beberapa diantaranya yakni, Gili Lampu, Gili Kondo dan Gili Sulat.

Lihat Video

Data Video

Klip ini sudah dilihat sebanyak sekitar 999 views sejak diunggah pada Jul 19, 2017 sampai dengan 22 Februari 2018 20:09:25 WIB dan bertambah terus.
Lama video 39:33 menit.

Wisata Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *